taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Belanja Di Pasar Sukawati Bali paling Recomended

7 Tips Belanja Di Pasar Sukawati Bali paling Recomended

Tips belanja di pasar Sukawati Bali kali ini sangat recomended untuk Anda yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Bali. Pasar Sukawati sendiri merupakan salah satu destinasi wisata belanja terpopuler yang ada di Bali.
7 Tips Belanja Di Pasar
Di pasar seni ini, wisatawan bisa mendapatkan banyak barang bertema Bali untuk oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga dapat memborong oleh-oleh untuk kenalan maupun saudara setelah pulang dari pulau Dewata.

Sejarah Pasar Sukawati

Pasar seni Sukawati yang awalnya hanya menjual barang kerajinan ini sudah ada sejak tahun 1983 yang silam. Mulanya hanya pasar tidak resmi yang sering ditertibkan sehingga para pedagang meminta solusi dari pemerintah sehingga hasilnya didirikanlah pasar ini.

Seiring berjalannya waktu tidak hanya pedagang kerajinan dari Desa Sukawati saja yang tertarik untuk menjajakan barang dagangannya di tempat ini. Bahkan terdapat para pengrajin dari luar wilayah desa yang ikut berjualan sampai sekarang pasar ini menampung sekitar 770 pedagang.

Lokasi Pasar Sukawati

Sebelum datang tentunya Anda harus tahu persis lokasi dari pasar seni Sukawati ini agar tidak tersesat atau nyasar ke tempat lain. Secara administratif lokasi Pasar Seni Sukawati ini masuk ke dalam wilayah Desa Sukawati.Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Jarak tempuh yang harus Anda lalui untuk kesana sekitar 14 km dari ibu kota Kabupaten Gianyar dan Denpasar. Sementara jika Anda datang dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, jaraknya sekitar 30 kilometer dan dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu 45 menit saja.

Mengenai rute yang lengkapnya anda dapat mengikuti panduan berikut jika datang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pertama Anda dapat melewati Tol Bali Mandara, kemudian disambung lagi ke Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai.

Setelah itu Anda dapat langsung belok kanan ke arah Jalan Dr Ida Bagus Mantra. Setelah itu ikuti jalan sampai dengan perempatan Jalan Raya Ketewel dan Gumicik. Setelah sampai di perempatan, lanjutkan dengan belok kiri ke Jalan Raya Ketewel.

Pada jalan ini Anda dapat terus lurus sampai dengan masuk ke Jalan Guwang, Setelah itu belok kanan ke Jalan Raya Sukawati. Ikuti terus jalan tersebut sampai dengan Pasar Seni Sukawati di sebelah kiri jalan. Jangan lupa untuk datang agak siang karena pasar ini beroperasi pada pukul 10.00-17.00 WITA.

Pastikan Anda tidak datang terlalu pagi agar tidak perlu menunggu untuk hunting barang. Namun juga jangan berkunjung ke sana terlalu sore saat pasar hampir tutup karena akan kurang leluasa berbelanja dan memilih barang.

Fasilitas yang Ada di Pasar Sukawati

Sebagai salah satu pusat destinasi wisata belanja di Bali yang sangat populer tidak heran kalau setiap hari didatangi, ratusan bahkan ribuan orang. Oleh karena itu Anda tidak perlu merasa takut kurang nyaman karena terdapat berbagai fasilitas yang lengkap seperti berikut:
  • Tempat parkir yang luas dan dapat menampung puluhan mobil dengan berbagai jenis.
  • Toilet umum yang bersih dan nyaman untuk keperluan pengunjung.
  • Anjungan tunai mandiri (ATM) Himbara bagi pengunjung yang ingin menarik uang.
  • Pos keamanan yang menjamin keamanan dari para wisatawan.
  • Warung makan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang merasa lapar saat berkunjung.
  • Kantor pasar yang dapat dikunjungi saat ada keperluan khusus.
  • Tempat duduk yang nyaman untuk beristirahat pengunjung yang merasa lelah.
  • Tempat penginapan di sekitar pasar bagi pengunjung dari luar kota.
Demikianlah beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung yang datang untuk berbelanja ke tempat ini. Pastikan Anda mengetahuinya sehingga dapat memanfaatkan dengan maksimal ketika membutuhkannya saat berbelanja.

7 Tips Belanja Murah di Pasar Sukawati Bali

Meskipun harga barang di Pasar Seni Sukawati cenderung sudah cukup murah, namun Anda tetap harus pintar-pintar menawar harga agar barang yang Anda beli tidak overprice. Berikut tips belanja di pasar Sukawati Bali yang dapat Anda adopsi:

1. Datang Lebih Awal Setelah Pasar Buka

Meskipun tidak harus datang pagi-pagi karena jam operasional pasar ini cukup siang yakni jam 10, namun sebaiknya Anda dapat datang lebih awal. Paling tidak beberapa menit setelah pasar buka, sehingga lebih nyaman dan mudah melakukan negosiasi karena mood yang masih baik.

Kepercayaan masyarakat Bali yang religius adalah ketika baru buka langsung ada pembeli. maka uang tersebut yang kerap disebut sebagai penglaris akan membawa keuntungan dalam penjualannya, sehingga lebih mudah memberikan harga yang miring kepada Anda. 

Selain itu, Anda juga masih punya banyak waktu untuk berkeliling pasar demi mencari toko dengan harga termurah. Meskipun barangnya sama persis, namun terkadang harganya berbeda di toko yang lainnya walau tidak terlalu banyak.

2. Survey Harga di Berbagai Toko

Tips belanja di Pasar Sukawati Bali selanjutnya adalah melakukan survey harga pada beberapa toko saja. Anda dapat melakukan survey harga pada beberapa toko sebagai bahan perbandingan dan memilih yang harganya paling sesuai dengan budget Anda.

3. Menawar dengan Harga Masuk Akal

Biasanya para wisatawan akan melakukan tawar menawar harga ketika berbelanja di sini. Anda juga dapat melakukan hal yang sama ketikan mengetahui dengan jelas kisaran harga barang yang Anda ingin beli tersebut.

Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai barang yang hendak dibeli harga pantasnya berapa. Sehingga tidak menawar terlalu rendah ataupun mendapatkan harga yang terlalu tinggi yang dapat merugikan Anda.

4. Membawa Uang Tunai

Karena kebanyakan para pedagang di Pasar Sukawati yang lebih suka pembayaran dengan uang tunai. Sebaiknya Anda membawa uang tunai yang cukup untuk belanja yang Anda inginkan dalam pecahan kecil untuk memudahkan transaksi.

Meskipun jaman sekarang kebanyakan pembayaran melalui uang digital tinggal scan atau gesek. Faktanya masih ada pedagang yang lebih senang berbelanja dengan menggunakan uang cash, terutama pedagang senior yang sudah berumur.

Membawa uang tunai membantu Anda untuk lebih mudah berbelanja dengan praktis. Selain itu Anda juga tidak perlu repot mencari mesin anjungan tunai mandiri untuk menarik uang yang diperlukan dalam pembelian barang Anda.

5. Memeriksa Kualitas Barang

Sebaiknya Anda tidak tergiur harga yang murah, pastikan untuk memeriksa kualitas barang merupakan tips belanja di pasar Sukawati yang sangat penting untuk Anda lakukan dengan teliti. Pastikan bahwa semua bagian dari baju, kerajinan atau barang lainnya tidak memiliki cacat atau kerusakan.

Apalagi jika Anda datang dari tempat yang jauh, berbeda kota dan pulau yang tidak memungkinkan untuk melakukan penukaran barang. Anda dapat mengurangi resiko ini dengan memeriksa dengan cermat barang yang hendak dibeli.

6. Keamanan Pribadi dan Barang Bawaan

Menjaga dengan waspada terhadap barang bawaan anda juga dapat menjadi tips belanja di Pasar Sukawati. Selalu perhatikan barang bawaan Anda, terutama dompet dan ponsel yang pastinya akan merugikan Anda jika sampai hilang.

Pastikan juga untuk menggunakan tas yang aman, misalnya dapat dikunci atau yang dapat diawasi dengan mudah. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak mengenakan perhiasan yang menarik perhatian ketika berbelanja agar terhindar dari pencopetan.

Karena Pasar Sukawati bisa sangat ramai, terutama pada akhir pekan dan hari libur sebaiknya Anda selalu waspada. Jangan sampai lengah akibat terpesona melihat barang-barang yang ditawarkan di sepanjang penelusuran Anda.

7. Belanja Grosir

Sebenarnya ada trik penting yang wajib diketahui sebelum mulai berbelanja di pasar Sukawati ini. Selain pandai menawar, trik terbaik agar dapat memperoleh harga yang murah adalah membeli dalam jumlah besar atau yang disebut grosir atau borongan.

Biasanya ketika membeli barang dalam jumlah yang cukup besar pedagang akan memberikan potongan harga atau diskon yang besar. Bahkan setelah dihitung-hitung selisih harganya akan sangat jauh dibandingkan dengan membeli satuan.

Dapatkan informasi lainnya di bawah ini,

Baca juga:





Demikianlah beberapa tips belanja di pasar Sukawati Bali yang dapat Anda jadikan panduan sebelum berangkat. Sehingga akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang sangat menyenangkan ketika menghabiskan liburan di pulau Dewata.
Related Posts