taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Belanja di Pasar Klewer Solo Agar Nyaman dan Mendapatkan Harga Murah

Tips Belanja di Pasar Klewer Solo Agar Nyaman dan Mendapatkan Harga Murah

Bagi yang belum berpengalaman berbelanja, tips belanja di pasar Klewer Solo ini pastinya akan sangat bermanfaat. Pasar yang sangat populer ini terletak di Jawa Tengah sering dijadikan pusat membeli oleh-oleh para wisatawan.
Tips Belanja di Pasar
Tempatnya yang sangat strategis di tengah pusat kota membuat banyak wisatawan mampir untuk membeli oleh-oleh. Selain itu tempat ini juga merupakan pasar grosir berbagai macam tekstil dengan harga yang sangat miring terutama produk batik.

Hal Menarik yang Terdapat Di Pasar Klewer Solo dan Sekitarnya

Lokasi dari pasar Klewer ini sendiri mudah ditemukan karena bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Dulunya digunakan untuk tempat berbelanja kain batik dari para pengrajin dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya.

Bangunan pasar ini cukup besar dan luas, terdiri dari 2 lantai dengan jumlah pedagang lebih dari 1400 orang dan 2 ribu kios. Selain sebagai pusat perekonomian, tempat ini juga merupakan objek wisata Kota Solo yang sangat populer.

Tidak hanya batik saja, di tempat ini juga dijual berbagai kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Jawa Tengah dengan harga yang sangat miring. Beberapa hal menarik yang dapat ditemukan di tempat ini adalah sebagai berikut:

1. Beragam Jenis Pakaian

Pasar Klewer menyajikan beragam jenis pakaian, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Semua jenis baju ada di tempat ini termasuk baju tidur, pakaian tradisional, baju batik, pakaian dalam, kaos, seragam, dan beragam baju santai yang biasa digunakan sehari-hari.

2. Kain Batik dari Berbagai Daerah

Di Pasar Klewer, pengunjung juga bisa menemukan aneka kain batik dari beberapa daerah seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Rembang dan banyak lagi. Selain itu juga terdapat dari berbagai variasi bahan seperti katun, sutra, satin, dan lainnya.

Anda dapat menemukan berbagai jenis batik sesuai keinginan, mulai dari batik cap, batik tulis, batik cap, serta batik keraton khas Solo Jawa Tengah. Benar-benar surganya para pecinta kain batik, karena puas memilih motif, bahan maupun proses pembuatannya.

3. Aksesoris Pengrajin Daerah

Tidak hanya melulu mengenai tekstil, di pasar ini juga terdapat beraneka ragam keunikan dan keindahan aneka aksesoris dari berbagai pengrajin daerah.  Selain aneka ragam kerajinan tersebut juga, pernak-pernik, serta peralatan dapur.

4. Masjid Agung Surakarta

Selain berbelanja berbagai macam barang kerajinan yang unik dan menarik, jangan lupa untuk sekalian mampir ke tempat bersejarah di sekitarnya. Salah satunya adalah Masjid Agung Surakarta yang begitu mewah dan kokoh yang posisinya persis di depan Pasar Klewer.

Anda dapat beribadah dengan santai di Masjid Agung Surakarta ini jika beragama Islam. Karena terbuka untuk umum, baik sebagai tempat ibadah atau sekadar wisata religi. Sehingga Anda tidak perlu cemas akan ditegur petugas.

5. Keraton Solo

Masih ada lagi tempat bersejarah yang sangat ikonik di kota Solo, letaknya persis di samping pasar Klewer ini, yaitu keraton Solo. Tempat yang juga sering digunakan untuk mengadakan pameran dan acara kebudayaan ini mempunyai banyak pusaka peninggalan masa lalu dan era penjajahan.

Bangunan khas daerah Jawa tengah, khususnya Solo ini memiliki tembok dengan cat yang berwarna putih. Kemudian pada setiap sudut dinding bangunannya dihiasi dengan ukiran yang sangat indah dan bernilai estetika tinggi.

Demikianlah beberapa hal menarik yang akan Anda temukan saat berkunjung ke pasar Klewer di Solo yang sangat populer. Apabila memiliki waktu luang dan ingin berlibur maka Anda dapat mengunjunginya sekaligus berbelanja berbagai macam batik dan aksesoris.

7 Tips Belanja di Pasar Klewer Solo yang Wajib Anda Ketahui

Pasar Klewer Solo ini terkenal dengan barang-barang yang dijual dengan harga yang sangat murah, itulah sebabnya selalu dipenuhi oleh pengunjung. Meskipun demikian, Anda harus pandai menawar saat berbelanja di tempat ini.

Sebelum datang sebaiknya Anda mengetahui alamat lengkapnya dulu agar tidak tersesat saat ingin berkunjung. Tempat ini mempunyai alamat lengkap di Pagelaran Kraton, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Baluwarti, Kota Surakarta.

Beberapa tips belanja batik di pasar Klewer Solo ini dapat Anda terapkan saat berkesempatan untuk mengunjunginya:

1. Persiapan Sebelum Berangkat 

Ketika hendak mengunjungi pasar yang cukup padat pengunjung ini sebaiknya mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk berjalan kaki lama. Anda juga harus membawa tas belanja yang kuat dan nyaman dibawa dalam waktu yang lama.

Meskipun jaman sekarang sudah lumrah melakukan pembayaran secara digital, Siapkan uang tunai dalam pecahan kecil. Hal ini cukup penting karena banyak pedagang yang mungkin tidak menerima pembayaran digital.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Salah satu tips belanja di pasar Klewer Solo adalah memilih waktu yang tepat agar mood belanja lebih menyenangkan. Salah satu waktu yang paling tepat adalah waktu pagi hari ketika masih tidak terlalu ramai dan barang-barang masih lengkap.

Sebaiknya hindari berbelanja pada hari Minggu atau hari libur besar karena biasanya lebih ramai. Selain tidak leluasa memilih barang, juga akan membuat fokus belanja terpecah sehingga barang yang seharusnya dibeli malah lupa saking ramainya.

3. Periksa Kualitas Barang

Jangan lupa untuk memeriksa dengan cermat kualitas barang dengan seksama, terutama ketika membeli kain batik. Periksa dengan cermat jahitannya, bahan dan keaslian produknya. Jangan pernah ragu untuk menggali informasi mengenai cara merawat kain atau pakaian yang Anda beli.

Hati-hati juga terhadap barang palsu, karena di pasar yang sangat besar seperti pasar Klewer bukan tidak mungkin terdapat barang palsu. Sebelum berkunjung ke Klewer, pastikan Anda mengetahui perbedaan antara barang asli dan tiruan.

4. Tawar Produk Setengah Harga

Ketika Anda tertarik membeli sebuah barang di pasar Klewer, jangan ragu-ragu untuk menawarnya setengah harga dari pedagang. Tidak perlu takut akan dimarahi pedagang, yang penting ketika melakukan negosiasi Anda harus ramah dengan penjual.

Apabila pedagang menolaknya dengan halus, maka Anda dapat mulai meningkatkannya dengan perlahan-lahan. Pastikan harga yang didapatkan sesuai dengan prediksi atau ekspektasi Anda semula, jangan sampai kemahalan.

5. Menggunakan Bahasa Jawa Halus

Pada umumnya, pedagang dan masyarakat Solo umumnya menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi sehari-hari. Tidak ada salahnya Anda belajar bahasa Jawa halus terlebih dahulu sebelum belanja di pasar tradisional ini.

Tidak perlu semua bahasa Jawa halus yang Anda pelajari, melainkan yang sekiranya berguna untuk melakukan transaksi. Diantaranya seperti, Berapa: Pinten, Tidak kurang: mboten kirang, Iya: Nggih dan Tidak: Mboten. Menggunakan bahasa Jawa halus akan membuat membuat masyarakat lokal merasa lebih dihargai sehingga tidak keberatan menurunkan harga.

6. Sedikit Jual Mahal

Tips belanja di pasar Klewer Solo berikutnya adalah sedikit jual mahal ketika tertarik untuk membeli barang yang dijajakan. Meskipun terbilang trik belanja kuno ala orang Indonesia, nyatanya sampai hari ini masih terhitung ampuh.

Ketika merasa tidak cocok dengan harga yang ditawarkan Anda dapat pura-pura pergi, seakan-akan tidak tertarik dengan tawaran harga dari pedagang. Biasanya langkah ini cukup efektif untuk membuat pembeli memanggil kembali Anda agar kembali dan melakukan negosiasi. 

7. Mencari Kenalan Penduduk Sekitar

Salah satu tips belanja di Pasar Klewer Solo yang tidak boleh diabaikan adalah mencari kenalan warga asli Kota Solo. Hal yang terkesan sepele ini dapat membantu Anda untuk mengenal berbagai tempat baru untuk disinggahi.

Agar tidak kerepotan membawa barang, Anda dapat menggunakan jasa ojek online yang mudah di order dari tempat ini. Selain itu lebih aman jika berbelanja bersama teman agar tidak bingung saat ragu-ragu dengan barang yang hendak dibeli.

Demikianlah beberapa tips belanja di pasar klewer yang dapat Anda terapkan saat berkunjung. Pasar Klewer ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sehingga Anda dapat memperkirakan waktu kunjungan sesuai dengan kebutuhan.
Related Posts