taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Tips Belanja di Pasar Tegal Gubug demi Kenyamanan dan Keamanan

9 Tips Belanja di Pasar Tegal Gubug demi Kenyamanan dan Keamanan

Tips belanja di pasar Tegal Gubug ini bermanfaat bagi Anda yang baru pertama berkunjung ke pasar sandang dan pusat grosir yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon Jawa Barat ini. Pasar tradisional ini berlokasi di Desa Tegal Gubug kec. Arjawinangun Cirebon.
Tips Belanja di Pasar
Lokasinya cukup strategis karena terletak di pinggiran jalan pantura, sehingga pembeli tidak kerepotan mengenai aksesnya. Bahkan dapat membawa kendaraan sendiri dengan cukup mudah dan leluasa, demikian juga jika naik angkutan umum juga tidak akan kerepotan.

Mengenal Sekilas Pasar Tegal Gubug

Pasar Tegal Gubug ini selalu ramai dikunjungi para pembeli, baik grosiran maupun eceran. Pasar yang sangat populer ini menawarkan berbagai kain dan produk tekstil lainnya.  Meskipun diklaim sebagai pasar terbesar se-Asia Tenggara, namun pasar ini tidak buka setiap hari.

Selama satu minggu, pasar ini hanya dibuka selama empat hari saja, yakni pada hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Meskipun demikian, rata-rata para pembeli yang datang tak jarang berbelanja dalam jumlah yang cukup besar. 

Pembeli yang membludak tidak membuat suasana menjadi sempit dan berdesakan, karena luas pasar grosir tegal gubug yang mencapai kurang lebih 30 Ha.  Bahkan dengan luasnya pasar ini terkadang pengunjung tidak dapat menjangkau semua sudutnya dalam satu hari.

9 Tips Belanja Di Pasar Tegal Gubug

Pasar Tegal Gubug yang terletak di Cirebon ini adalah salah satu pasar grosir tekstil terbesar di Indonesia. Pasar textile yang harganya miring ini pengunjungnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk membantu Anda berbelanja dengan lebih efektif dan menyenangkan di Pasar Tegal Gubug, berikut adalah tips belanja di pasar Tegal Gubug yang dapat dijadikan panduan:

1. Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu agar proses belanja menjadi nyaman. Apalagi ketika Anda ingin berbelanja dalam jumlah yang besar, persiapan yang dapat dilakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu.

Cari tahu jam operasional dan hari buka pasar, sehingga Anda datang pada waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang optimal. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman karena pasar ini cukup luas untuk ditelusuri dengan berjalan kaki.

Pastikan Anda juga membawa cukup uang tunai, meskipun pembayaran secara digital maupun transfer dapat dilakukan. Hal ini cukup bermanfaat karena untuk mengantisipasi jika ada pedagang yang tidak menerima pembayaran secara digital.

2. Menawar Harga dengan Bijak

Sudah menjadi rahasia umum jika menawar merupakan bagian penting dari pengalaman berbelanja di pasar tradisional seperti Pasar Tegal Gubug. Berikut adalah beberapa tips untuk menawar dengan bijak saat berbelanja.

Anda dap[at menerapkan tips belanja di pasar Tegal Gubug dengan mulai menawar dengan harga yang lebih rendah terlebih dahulu.  Misalnya dengan kisaran 50-70% dari harga yang ditawarkan oleh penjual. Jangan takut atau ragu untuk memulai dengan harga yang lebih rendah agar mendapatkan harga yang lumayan menguntungkan.

Kemudian, Anda dapat bersikap yang ramah dan sabar ketika melakukan transaksi. Karena pada umumnya pembeli akan lebih mudah memberikan harga yang murah kepada pembeli yang sopan dan tulus. Sebaiknya Anda tahu dimana batas penawaran yang diberikan.

Sebaiknya Anda juga tidak memaksakan harga yang terlalu rendah yang keterlaluan. Apabila penjual benar-benar sulit untuk menurunkan harga. Sebaiknya segera pertimbangkan untuk membeli atau mencari barang serupa di tempat lain.

3. Memilih Waktu yang Tepat untuk Berbelanja

Tips belanja di pasar Tegal Gubug selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk berbelanja. Langkah ini sangat penting untuk mendapatkan pengalaman terbaik sehingga puas berbelanja dengan nyaman. Waktu terbaik untuk berbelanja di tempat ini adalah pada pagi hari karena masih sepi dan barang dagangan masih lengkap.

Selain itu udara pagi yang sejuk membuat proses belanja terasa nyaman dan leluasa. Sebaiknya hindari hari-hari ramai seperti akhir pekan atau musim liburan karena biasanya pasar akan dibanjiri penduduk dari mana saja.

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk berbelanja karena pasar belum terlalu ramai dan Anda bisa mendapatkan barang dengan pilihan yang masih lengkap. Selain itu, udara pagi yang sejuk akan membuat Anda lebih nyaman berbelanja.

4. Memeriksa Kualitas Barang

Meskipun pasar ini sangat populer namun tips belanja di pasar Tegal Gubug yang tidak boleh dilupakan dan sangat penting adalah memeriksa kualitas barang sebelum membeli. Cermati dengan teliti bahan kain dan kualitas jahitan yang hendak dibeli.

Pastikan bahwa tidak terdapat cacat atau kerusakan pada barang yang ingin Anda beli. Selain itu pastikan untuk mengetahui cara merawat kain atau pakaian sebelum membelinya. Sehingga kelak dapat menjaga kualitas barang tetap baik.

Teliti juga dengan baik, apakah dalam gulungan yang Anda beli tercampur antara kualitas baik dengan kualitas jelek. Seringkali terdapat pedagang yang tidak mau menderita kerugian, sehingga mencampur bahan/kain kualitas A dengan kain kualitas C/D, sehingga Anda harus jeli agar tidak kecewa.

5. Teliti saat membeli Kiloan

Tips belanja di pasar Tegal Gubug ketika membeli dalam jumlah kiloan, biasanya terhitung sangat murah. Meskipun demikian Anda harus mempertimbankan kenyataan bahwa harga kiloan adalah harga terendah dengan demikian biasanya seiring dengan kualitas yang tidak baik atau bukan barang ori.

Pada umumnya, bahan kiloan akan berisi bahan dengan ukuran random yang dapat menimbulkan masalah jika tidak sesuai. Anda harus menanyakan terlebih dahulu kepada penjual berapa ukuran maksimal dan berapa ukuran minimal dengan detail.

Ketika membeli dalam meteran, pastikan Anda membuka gulungan dan memperhatikan dengan benar saat melakukan pengukuran. Pastikan tidak ada lembaran kain yang terdapat noda atau ada tulisan atau cap dari pabrik.

6. Kwitansi dan Nota

Meskipun membeli dalam jumlah yang tidak terlalu besar, namun sebaiknya meminta garansi kualitas dan return. Apalagi ketika membeli dalam jumlah besar, langkah ini sangat efektif untuk menghindarkan kerugian.

Setelah barang di cek atau dibuka gulungan ternyata terdapat campuran kain yang jelek maka dapat dikembalikan. Tips belanja di pasar Tegal Gubug yang tidak boleh dilewatkan adalah meminta nomor telepon penjual agar dapat lebih mudah melakukan komunikasi setelah pembelian.

Baik untuk melakukan fast komplain apabila terjadi ketidaksesuaian barang seperti ukuran yang tidak sesuai atau kerusakan. Selain itu juga memudahkan Anda untuk melakukan reorder by phone saat merasa puas dengan barang yang dibeli.

7. Tidak Sembarangan Menitipkan Barang

Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa tidak menitipkan barang dagangan kepada orang yang tidak dikenal. Seringkali terdapat kasus terjadi barang hilang karena dititipkan kepada sembarang orang. Ketika Anda sangat membutuhkan jasa penitipan barang maka sebaiknya memberikan kepada:
  • Security di Pos jaga pasar Tegal Gubug
  • Penitipan Resmi di  pasar Tegal Gubug
  • Penjaga toilet umum di pasar Tegal Gubug
8. Menjaga Keamanan Pribadi

Tips belanja di pasar Tegal Gubug berikutnya adalah selalu waspada terhadap barang bawaan Anda saat berbelanja di pasar yang ramai. Langkah ini juga termasuk sebagai cara menjaga keamanan pribadi yang cukup riskan di pasar besar dan ramai. 

Pastikan Anda menyimpan dompet dan ponsel Anda di tempat yang aman, seperti di dalam tas yang tertutup rapat atau di kantong dalam pakaian. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok agar terhindar dari copet.

Sebaiknya Anda juga memahami akses dan lokasi parkir agar dapat menghemat waktu dan menghindari kebingungan. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum atau ojek online untuk menghindari masalah parkir yang terkadang cukup merepotkan.

Namun ketika harus membawa kendaraan pribadi, pastikan Anda mengetahui lokasi parkir yang aman dan dekat dengan pasar. Jangan lupa juga untuk selalu mengunci kendaraan dan jangan tinggalkan barang berharga di dalamnya.

9. Memperhatikan Fasilitas di Sekitar Pasar

Demi kenyamanan berbelanja, sebaiknya Anda juga mengetahui berbagai fasilitas yang ada di sekitar pasar. Pastikan Anda mengetahui lokasi toilet dan tempat makan di sekitar pasar. Hal ini akan sangat bermanfaat apabila Anda memiliki rencana berbelanja dalam waktu yang lama.

Pastikan juga membawa bekal air minum dan cemilan ringan untuk menjaga stamina selama berbelanja. Kedua bekal ini dapat membantu Anda tetap segar dan fokus ketika hunting barang yang Anda perlukan sehingga mendapatkan yang terbaik.

Dapatkan tips belanja lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah beberapa tips belanja di pasar Tegal Gubug yang dapat Anda pelajari sebelum datang. Menerapkan beberapa tips tersebut dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan.
Related Posts