taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Belanja di Carousell yang Paling Efektif untuk Mendapatkan Barang Berkualitas

Tips Belanja di Carousell yang Paling Efektif untuk Mendapatkan Barang Berkualitas

Tips belanja di Carousell ini sangat membantu bagi Anda yang baru pertama kali mencoba platform yang yang satu ini. 
Tips Belanja
Sebagai salah satu tempat belanja populer di kalangan milenial tidak ada salahnya kalau Anda mencobanya untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan.

15 Tips Belanja di Carousell yang Paling Efektif 

Carousell adalah platform jual beli online yang semakin populer di kalangan pengguna Indonesia. Dengan berbagai macam barang mulai dari pakaian, elektronik, hingga barang-barang rumah tangga, Carousell menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk membeli dan menjual barang bekas maupun baru.

Karena menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dibandingkan dengan platform sejenis, tidak heran kalau bikin penasaran.  Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, maka Anda dapat menerapkan tips belanja di Carousell berikut ini:

1. Membuat Akun di Carousell

Langkah pertama untuk berbelanja tentu saja adalah membuat akun platform terlebih dahulu seperti pada platform yang lainnya. Cara untuk membuat akun di Carousell cukup mudah bagi siapa saja.
Anda hanya perlu mengisikan data seperti email, nama pengguna dan juga kata sandinya. Anda juga dapat langsung sign-up langsung menggunakan akun Facebook agar lebih praktis dan mudah.

2. Menemukan Barang yang Ingin Dibeli

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk melanjutkan proses adalah dengan menemukan barang yang ingin Anda beli. Misalnya ingin mencari sebuah buku atau kemeja maka Anda dapat menuliskan kata kunci di kolom pencarian.

3. Tandai Barang dengan Harga Berbeda

Setelah Anda menuliskan kata kunci dari barang yang dicari biasanya akan muncul hasil pencarian pada bagian bawah kolom. Biasanya akan muncul rekomendasi barang yang cukup banyak dengan harga yang berbeda-beda. Anda dapat menandai postingan dengan harga yang menarik untuk dibeli dengan cara menyukai postingan tersebut.

4. Periksa Identitas dan Kredibilitas Penjual

Ketika Anda sudah menemukan postingan mana yang paling sesuai dengan keinginan baik dari segi barang maupun harganya, maka jangan buru-buru membelinya. Pastikan untuk mengecek identitas dan kredibilitas akun penjual terlebih dahulu.

Pada Carousell, biasanya transaksi akan dilakukan menggunakan transfer antar bank biasa bukan dengan rekening bersama. Oleh sebab itu, sebelum memulai maka Anda harus memastikan penjual tersebut dapat dipercaya dan mudah dihubungi atau tidak.

Misalnya Anda menemukan dua penjual dengan spesifikasi yang berbeda seperti berikut:
  • Penjual 1:  Rating 5, tapi hanya 2 review, lalu seller juga tidak responsif.
  • Penjual 2: Rating 4.94, tapi sudah 8 review dan cukup responsif
Diantara dua penjual tersebut, mungkin Anda akan lebih tertarik pada penjual pertama saat melihat bintangnya yang lebih tinggi. Namun, saat mencermati lebih seksama, Anda akan menemukan bahwa penjual nomor 2 mempunyai riwayat penjualan lebih banyak dan juga lebih responsif dalam membalas pesan dari pembeli.

Mempertimbangkan beberapa hal tersebut maka sebaiknya Anda lebih memilih untuk penjual yang nomor dua. Meskipun bintangnya lebih rendah namun aktivitas akunnya lebih meyakinkan dibandingkan yang pertama.

5. Double Check Kondisi Barang dan Tawar Barang

Setelah Anda yakin ingin membeli sebuah barang yang paling menarik bagi Anda, maka saatnya untuk melakukan proses tawar menawar. Salah satu keseruan belanja di Carousell adalah dapat menawar harga ke penjual.

Sebelum menawar pastikan terlebih dahulu barang yang akan dibeli tersebut apakah benar-benar sesuai dengan keinginan. Tidak mempunyai cacat yang merugikan bagi Anda kedepannya, dan barang asli atau bukan barang kw.

Biasakan untuk membaca dengan seksama deskripsi yang tertera dengan baik, hal ini sangat penting bagi Anda agar terhindar dari kerugian. Seringkali ada penjual yang tidak menerima nego dalam bentuk pengurangan harga maupun free ongkir.

Kalau dalam deskripsinya tidak terdapat keterangan pengembalian, diskon maupun free ongkir Anda dapat menghubungi penjualnya terlebih dahulu. Misalnya untuk menanyakan harganya bisa kurang tidak, atau mungkin ada promo gratis ongkir kah dan lain sebagainya.

6. Usahakan Langsung Transfer

Setelah merasa mendapatkan barang yang sesuai dengan harga yang sepakat sebaiknya Anda langsung bayar saja barangnya. Biasanya barang yang murah dan kualitasnya bagus itu banyak juga yang menginginkannya.

7. Tips Mencari Barang di Carousell

Aplikasi Carousell ini sendiri belum memiliki fitur search yang sebaik e-commerce lainnya. Sehingga ketika ingin mencari suatu produk dan dan tidak ketemu di fitur search, maka ada beberapa tips untuk menemukannya.

Misalnya Anda ingin mencari charger laptop, ketika diketikkan tidak ada barang yang muncul. Namun jika ingin menemukannya maka Anda dapat menemukannya melalui kategori yang paling tepat, yaitu aksesoris komputer, baru tuliskan barang yang ingin Anda cari.

8. Manfaatkan Fitur Carousell Protection

Agar tidak mengalami hal yang kurang menyenangkan, Anda dapat  memanfaatkan fitur Carousell Protection. Fitur ini mampu melindungi transaksi antara pembeli dan penjual. Gunakan fitur ini untuk transaksi yang lebih aman.

Cara untuk menggunakan metode ini adalah dengan memilih pembayaran yang mendukung fitur Carousell Protection. Sehingga Anda dapat lebih mudah untuk memastikan bahwa uangmu aman hingga barang diterima.

9. Cermati Lokasi Penjual

 Tips belanja di Carousel berikutnya yang tidak kalah penting adalah simak lokasi penjual untuk menghindari biaya pengiriman yang mahal. Jika memungkinkan, pilih penjual yang berada di kota yang sama dengan lokasi rumah Anda.

Agar lebih mudah untuk melacaknya, Anda dapat menggunakan fitur filter lokasi untuk mencari barang dari penjual yang berada di dekatmu. Sehingga ketika melakukan pencarian, maka yang muncul adalah rekomendasi yang sesuai dengan filter yang Anda inginkan.

10. Waspada Terhadap Penipuan

Tips belanja di Carousell berikutnya yang tidak kalah menarik adalah senantiasa waspada terhadap penipuan yang mungkin terjadi. Hindari transaksi di luar platform Carousell dan jangan pernah memberikan informasi pribadi atau pembayaran melalui metode yang tidak aman.

Pastikan untuk selalu menggunakan fitur chat di Carousell untuk berkomunikasi dengan penjual dengan lebih intens. Dan sebisa mungkin hindari untuk memberikan informasi pribadi yang sensitif kepada siapapun yang mengajak berkomunikasi di platform tersebut.

11. Gunakan Fitur Notifikasi

Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi untuk mendapatkan informasi terbaru tentang barang yang Anda minati atau penjual yang diikuti. Anda dapat memilih notifikasi untuk kategori barang tertentu atau penjual tertentu agar tidak ketinggalan penawaran menarik.

12. Cari Barang di Luar Musim

Tips belanja di Carousell berikutnya agar mendapatkan barang dengan harga yang lebih mura adalah membeli barang diluar musim. Salah satu contohnya adalah membeli pakaian yang tebal pada saat musim kemarau, atau memilih pakaian yang tipis-tipis disaat musim penghujan.

13. Pantau Penjualan dan Diskon

Seringkali para penjual menawarkan diskon atau penjualan khusus pada waktu-waktu tertentu, seperti hari libur atau akhir bulan. Agar tidak ketinggalan penawaran atau diskon khusus sebaiknya pantau penjual favorit Anda dengan cara mengikutinya.

14. Pilih Barang dalam Kondisi Baik

Dibandingkan membeli barang yang baru, barang bekas yang dalam kondisi baik bisa menjadi pilihan yang ekonomis. Pastikan barang yang Anda beli  tersebut masih berfungsi dengan baik dan tidak memiliki kerusakan yang signifikan.

Jangan lupa untuk memeriksa secara detail kondisi barang pada deskripsi dan foto yang dilampirkan oleh penjual secermat mungkin. Selain itu pastikan untuk bertanya kepada penjual untuk memastikan tidak ada kerusakan yang tidak disebutkan.

15. Menggunakan Filter Pencarian Secara Efektif

Ketika Anda mencari sebuah barang di Carousell, Anda dapat menggunakan filter pencarian agar lebih mudah. Hal ini sangat penting untuk menyesuaikan hasil pencarian dengan anggaran dan preferensi Anda dalam berbelanja. Sebelumnya pastikan untuk mengatur filter berdasarkan harga, lokasi, dan kondisi barang untuk menemukan penawaran terbaik.

Dapatkan informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah beberapa tips belanja di Carousell yang dapat Anda terapkan agar dapat berbelanja dengan lebih nyaman dan aman. Sekarang saatnya meluncur dan hunting barang, selamat mencoba!
Related Posts