taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Belanja di Turki Agar Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan

Tips Belanja di Turki Agar Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan

Pengetahuan mengenai tips belanja di Turki merupakan salah satu bekal yang penting sebelum berkunjung ke negara Ataturk Mausoleum ini. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, negara ini menawarkan sejarah dan belanja yang menyenangkan. 
Tips Belanja
Negara yang posisinya berada di perbatasan Eropa dan Asia ini menawarkan kekayaan budaya, kuliner, dan alam yang memesona. Ketika berlibur ke tempat ini, sebaiknya Anda memahami beberapa hal penting agar liburan berjalan dengan sangat menyenangkan.

10 Keistimewaan Berwisata Belanja di Turki

Sebelum mempelajari tips belanja di Turki, tentunya Anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai keistimewaannya. Menawarkan pengalaman belanja yang unik dan menarik, Anda dapat menikmati pengalaman baru yang berbeda seperti berikut ini:

1. Memiliki Pasar Tradisional yang Bersejarah

Keistimewaan berbelanja di Turki adalah mempunyai pasar tradisional yang bersejarah. Pasar yang populer tersebut adalah Grand Bazaar di Istanbul, yang merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia.

Di pasar fenomenal ini terdapat ribuan toko yang menawarkan berbagai macam barang. Mulai dari perhiasan sampai dengan karpet. Semua memiliki ciri khas yang tidak sama dengan barang dari tempat lain sehingga, recomended untuk Anda yang ingin mempunyai koleksi barang yang berbeda.

2. Kerajinan Tangan Berkualitas Tinggi

Selain karpet Turki yang terkenal, Anda juga dapat menemukan beragam kerajinan tangan lainnya yang tidak kalah memesona. Diantaranya seperti keramik, dan barang-barang kulit yang dibuat dengan teknik tradisional dan kualitas tinggi.

3. Wisata Kuliner yang Menggugah Selera

Anda dapat menemukan beragam makanan khas Turki yang menawarkan citarasa yang menggoda untuk dicoba. Beragam kuliner khas Turki tersebut diantaranya adalah baklava, lokum (Turkish delight), rempah-rempah, dan teh yang khas di pasar dan toko-toko lokal.

4. Mode yang Kekinian

Selain tempat karpet, kerajinan tangan dan kuliner yang tak tertandingi keindahannya. Istanbul, khususnya, merupakan salah satu pusat mode dengan banyak butik dan desainer lokal yang menawarkan pakaian dan aksesoris modern serta unik.

5. Harga yang Terjangkau

Meskipun mempunyai keindahan dan kualitas yang mengagumkan, Anda tidak perlu takut bakal menghabiskan banyak uang untuk menebusnya. Karena banyak barang di turki yang cukup terjangkau terutama barang-barang kerajinan tangan dan tekstil.

Bagi yang pandai menawar, maka akan mendapatkan barang yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara yang lainnya. Oleh karena itu Anda dapat memperdalam skill menawar dan bahasa agar mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau.

6. Suasana Belanja yang Ramah

Sudah menjadi rahasia umum kalau para pedagang di Turki terkenal ramah dan suka berbincang dengan pembeli. Selain mengobrol, mereka bahkan sering kali menawarkan teh Turki sambil bernegosiasi dengan santai.

7. Barang yang Antik dan Unik

Hal menarik berikutnya yang tidak kalah menarik adalah banyaknya pasar loak dan toko antik di Turki. Toko-toko ini menyediakan berbagai macam barang unik dan antik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

8. Kualitas Produk Kulit

Turki merupakan salah satu produsen kulit terbaik yang ada di dunia, produknya sudah populer di seluruh dunia. Sehingga saat berkunjung ke Turki, Anda dapat membeli berbagai koleksi jaket, tas, dan barang-barang kulit lainnya dengan kualitas tinggi di berbagai toko.

9. Produk Tekstil dan Mode

Turki merupakan salah satu produsen tekstil terbesar yang menawarkan kualitas tinggi di dunia. Tidak heran, saat Anda berkunjung ke tempat ini dapat bisa menemukan berbagai macam kain, pakaian, dan tekstil rumah dengan kualitas yang baik dan harga yang kompetitif.

10. Pengalaman Budaya

Keseruan yang lainnya ketika berbelanja di Turki adalah memberikan kesempatan untuk merasakan budaya lokal, dengan arsitektur yang indah, musik tradisional, dan interaksi dengan masyarakat setempat. Berdasarkan berbagai keistimewaan tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih memuaskan.

Karena Anda bukan hanya mendapatkan pengalaman yang berbeda tentang membeli barang, tetapi juga tentang menikmati pengalaman budaya yang kaya dan mendalam. Sehingga sangat cocok untuk yang ingin menambah wawasan.

Tips Belanja di Turki dengan Nyaman dan Aman

Apabila Anda berencana untuk berlibur ke Turki dalam waktu dekat, dan berniat untuk hunting beragam barang. Anda dapat menyimak beberapa tips belanja di Turki yang berikut agar terhindar dari beragam penipuan yang menguras kantong Anda.

1. Pembayaran Menggunakan Lira Turki

Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan dengan benar saat berbelanja ke Turki adalah menyiapkan uang Lira. Karena berdasarkan rekomendasi banyak turis asing dari berbagai negara yang berbelanja di Turki, Anda lebih baik membayar dengan menggunakan Lira Turki.

Banyak kasus penipuan yang sangat merugikan jika tidak menggunakan Lira Turki saat melakukan pembayaran. Salah satunya adalah mengubah harga ketika menagih pembayaran dengan menggunakan uang euro dan dolar, dengan jumlah yang jauh lebih besar.

Oleh karena itu berdasarkan pengalaman para turis, sebaiknya Anda tetap membayar dalam Lira untuk menghindari kebingungan. Sehingga jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah besar uang Lira ketika Anda ingin berbelanja dengan lebih puas.

2. Menggunakan Taksi Dengan Argo

Hal penting berikutnya yang harus Anda perhatikan dengan benar adalah ketika hendak bepergian kemana-mana. Sebaiknya Anda lebih memilih menggunakan taksi yang masih baru dan mempunyai argo agar terhindar dari tarif lebih mahal.

Sebaiknya tidak memilih menggunakan taksi tua, ketika tidak ada yang menggunakan argo lebih baik memilih naik angkutan umum saja. Salah satu contoh kasus, untuk satu perjalanan yang sama, jika naik taksi yang tidak menggunakan argo bisa saja tarifnya naik menjadi dua kali lipat.

3. Waspada Saat Belanja Barang Bermerek

Selanjutnya yang harus diwaspadai berikutnya adalah ketika hendak berbelanja barang bermerek. Saking sulitnya dikenali dalam pandangan sekilas saja, Anda sebaiknya tidak tergiur oleh harga yang murah. Ketika ingin membeli barang branded carilah outlet resmi yang pasti menawarkan barang yang asli.

4. Grand Bazaar Tak Selalu Murah

Meskipun banyak rekomendasi dan ulasan yang mengatakan bahwa pasar tertutup terbesar dan tertua di Istanbul, Grand Bazaar, adalah tempat paling tepat belanja souvenir dan oleh-oleh karena harganya lebih murah. Tapi fakta yang sebenarnya tidaklah demikian, Anda harus benar-benar memahami hal ini.

Anda dapat memeriksa terlebih dahulu selama beberapa saat di berbagai tempat untuk melakukan survey singkat terhadap barang yang Anda inginkan. Setelah itu, pastikan pergi ke jalan-jalan dalam untuk mencoba dan mendapatkan penawaran yang sangat bagus.

5. Kendala Bahasa

Tips berikutnya ketika berbelanja di Turki berikutnya adalah memahami mengenai kendala bahasa. Untuk mengatasinya, disarankan para wisatawan sebaiknya menggunakan Google Translate untuk memperjelas bahasanya.

6. Mengingat Pintu Gerbang

Ketika Anda berkunjung ke Grand Bazaar yang sangat besar, sebelum masuk pastikan Anda ingat di pintu gerbang mana yang Anda masuki. Tips belanja di Turki ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat pada pasar ini terdapat 21 pintu gerbang untuk masuk.

Apalagi keadaan di dalam pasar yang berliku-liku layaknya labirin sehingga dapat membuat wisatawan menjadi kebingungan. Meskipun demikian, untuk mencari barang tidak akan terlalu sulit karena toko di Grand Bazaar telah dikelompokkan sesuai jenis barang.

Sebenarnya ketika Anda tersesat, tidak akan terlalu buruk juga malah mungkin menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Anda dapat menjelajahi ribuan toko yang menjual berbagai barang dan souvenir yang unik dengan harga yang beragam.

7. Menukarkan Uang di Money Changer Terbaik

Apabila Anda lupa menukarkan uang maka tidak perlu cemas, karena dapat menukarkannya di Grand Bazaar, karena pasar ini sering dikunjungi banyak turis asing sehingga banyak menyediakan Money Changer.

Demikian juga ketika Anda menginginkan Dollar atau Euro anda. Grand Bazaar adalah tempat yang paling tepat. Hal ini disebabkan karena Money Changer di Grand Bazaar menawarkan rate yang paling bagus dibandingkan dengan di kawasan yang biasa ditinggali turis seperti Sultan Ahmet dan Taksim.

8. Jangan Merokok!

Apabila Anda seorang perokok, maka dengan berat hati Anda harus meninggalkannya untuk sementara waktu ketika berkunjung ke pasar ini. Karena ditempat ini merokok merupakan salah satu hal yang dilarang, sehingga jangan sekali-kali merokok saat sedang berbelanja.

9. Belanjalah di Toko yang Tersembunyi

Agar memperoleh harga yang lebih murah, Anda juga dapat mencari toko yang tersembunyi, semakin jauh dari lorong utama harganya akan semakin murah. Selain itu juga semakin mudah menawarnya ketika tertarik dengan sebuah barang.

Pastikan Anda membandingkan harga terlebih dahulu antara satu toko dengan toko lainnya. Dan jika sudah sreg dengan barangnya, tawarlah harga yang diberikan penjual minimal separuhnya. Anda tidak perlu takut untuk menawar sampai mendapatkan harga yang sesuai dengan ekspektasi.

10. Menjadi Pembeli Pertama Agar Lebih Murah

Sama seperti pedagang di Indonesia, para penjual di Turki juga percaya akan pelaris. Sehingga agar mendapatkan harga yang lebih murah, pastikan Anda menjadi pembeli pertama yang membeli saat toko baru saja dibuka. Para pedagang di Turki percaya bahwa pelanggan pertama akan membawa keberuntungan sepanjang hari.

Dapatkan informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah beberapa tips belanja di Turki yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin berlibur ke Turki. Pastikan agar mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan berbagai macam barang unik dengan harga yang terjangkau.
Related Posts