taupasar.com

we read, we create and we share it.

Peluang Bisnis Aksesoris di Bali Dengan Membidik Selera Wisatawan

Peluang Bisnis Aksesoris di Bali Dengan Membidik Selera Wisatawan

Bali merupakan pulau yang sangat populer berkat keindahan alam dan kekayaan budayanya. Namun bagi para pebisnis, pulau dewata ini juga menyimpan potensi bisnis yang tak kalah menarik. 
Peluang Bisnis Aksesoris
Salah satunya adalah bisnis aksesoris yang semakin menjanjikan seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

3 Peluang Bisnis Aksesoris di Bali yang Paling Disukai

Bali, sebagai destinasi wisata populer, menawarkan peluang besar bagi bisnis aksesoris yang kerap dicari para wisatawan untuk oleh-oleh sanak saudara. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang semua senang berbelanja item yang satu ini.

Berikut adalah jenis aksesoris yang menjadi peluang bisnis menjanjikan di Bali karena cukup banyak peminatnya:

1. Pernak-Pernik

Salah satu yang paling diminati oleh para wisatawan ke bali adalah pernak-pernik yang cantik dan unik. Seperti gelang, jepit bunga jepun, anting, kalung kerang, dan udeng (hiasan kepala). Jika Anda Berbagai macam aksesoris ini senantiasa menjadi pilihan para pengunjung sebagai oleh-oleh.

Sebelum memulai mencoba peluang bisnis aksesoris di Bali ini, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Jenis aksesoris seperti apa yang disukai oleh para pengunjung saat mencari oleh-oleh. Pastikan juga memiliki ciri khas unik yang tidak sama dengan kompetitor agar lebih mudah dilirik oleh konsumen. 

Pastikan bahwa setiap aksesoris yang dibuat ini memiliki cerita dan makna yang kaya, baik dari segi budaya, spiritual, maupun estetika. Berkat kekayaan budaya dan alam yang dimilikinya, aksesoris Bali ini pada akhirnya bukan sekadar hiasan saja juga menjadi wakil dari keindahan dan kedalaman filosofi Bali kepada dunia.

2. Produk Perawatan Tubuh

Selain pemandangan alam dan destinasi wisata yang lainnya, hal penting lainnya yang sangat menarik di pulau dewata ini adalah spa mewahnya. Banyak turis yang sengaja datang ke Bali untuk menikmati kenyamanan dan layanan spa yang membuat rileks.

Tidak heran kalau selain pernak-pernik, produk spa juga termasuk salah satu oleh-oleh yang banyak diburu turis.  Dapat dikatakan bahwa produk spa organik Bali masih jadi oleh-oleh favorit, dengan perawatan kulit yang bikin segar dan alami.

Biasanya produk spa ini dibuat dari bahan-bahan alam seperti minyak kelapa, bunga tropis, dan rempah-rempah. Sehingga jelas beda sekali rasa maupun aromanya dibandingkan dengan bahan spa pabrikan yang aromanya nyaris seragam.

Anda dapat mempelajari terlebih dahulu cara membuat produk spa rempah ini sebagai salah satu peluang bisnis aksesoris di Bali. Anda juga dapat menyediakan tempatnya saja dan menyediakan merek-merek populer di dunia spa dan perawatan tubuh Bali, seperti Summer Salt, Kutus-Kutus, dsb.

3. Tas Anyaman Bali

Tas juga merupakan salah satu item menarik sebagai aksesoris yang disukai di Bali. Biasanya tas tersebut merupakan anyaman khas Bali yang dibuat dari bambu atau daun pandan dengan motif yang cukup unik seperti bunga-bunga Bali, binatang, atau pola-pola tradisional. 

Selain sangat keren untuk bergaya, tas anyaman Bali juga kuat dan awet, cocok banget buat bawa barang sehari-hari. Itulah sebabnya tas menjadi salah satu peluang bisnis aksesoris di Bali yang cukup menjanjikan.

Demikianlah beberapa jenis aksesoris ataupun pernak pernik yang sangat cocok untuk dikembangkan di Bali. Anda dapat memilih salah satu yang paling cocok dengan yang paling disukai dan dipahami sehingga bisnis menjadi lebih cepat berkembang dengan baik.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Aksesoris di Bali

Memang memulai sebuah bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang matang tidak hanya meminimalisir resiko yang mungkin timbul, melainkan juga mempercepat keberhasilan bisnis yang dijalankan.

1. Riset Pasar Mendalam

Banyak sekali peluang bisnis aksesoris di Bali yang dapat Anda jalankan dengan cukup mudah. Meskipun demikian, sebelum memulainya sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu Beberapa  hal yang dapat dilakukan pada riset pasar ini adalah sebagai berikut:
  • Tren Pasar
Identifikasi tren aksesoris paling kekinian di Bali yang banyak diburu oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Apakah sekarang yang sedang trend adalah desain etnik sedang populer? Apakah bentuk perhiasan atau pajangan untuk rumah dan lain sebagainya.
  • Preferensi Konsumen
Pastikan juga untuk mengulik preferensi konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, gaya hidup, dan anggaran. Apakah mereka lebih menyukai aksesoris yang fungsional, stylish, atau unik? Kira-kira range harga juga yang paling banyak diminati di angka berapa saja.
  • Persaingan
Analisis kompetitor juga kompetitor Anda yang sudah lebih dahulu membangun usaha dan berhasil di pulau Bali. Cermati apa saja kelebihan dan kekurangannya serta strategi yang digunakan memasarkan produknya. Dengan memahami persaingan tersebut, maka Anda dapat menemukan celah pasar yang dapat Anda manfaatkan.

2. Modal yang Cukup

Hal penting selanjutnya yang harus Anda persiapkan saat mengambil peluang bisnis aksesoris di Bali adalah modal yang cukup. Pastikan untuk memperhitungkan biaya produksi yang diperlukan untuk setiap jenis aksesoris yang akan Anda jual. Pertimbangkan biaya bahan baku, tenaga kerja, pengemasan, dan pengiriman.

Kemudian juga pertimbangkan biaya pemasaran yang dibutuhkan, alokasikan anggaran untuk pemasaran, baik secara online maupun offline. Hal ini meliputi biaya iklan, promosi, pembuatan konten media sosial, dan partisipasi dalam acara atau pameran.

Biaya operasional juga menjadi faktor penting yang layak dipetimbangkan dengan baik, biasanya meliputi biaya sewa tempat jika Anda memiliki toko fisik, gaji karyawan, listrik, air, dan biaya operasional lainnya yang dibutuhkan saat menjalankan usaha.

3. Supplier Terpercaya

Pastikan juga Anda mendapatkan supplier terpercaya, karena hal ini menunjang kesuksesan peluang bisnis aksesoris di Bali. Pertimbangan dengan baik kualitas produk yang Anda tawarkan pastikan supplier Anda dapat menyediakan produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar Anda.

Kualitas produk tidak hanya penting untuk membangun reputasi merek saja, namun juga untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Bandingkan harga dari beberapa supplier untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Meskipun demikian, sebaiknya jangan mengorbankan kualitas demi harga kulakan yang lebih murah.

Jangan lupa juga untuk memilih supplier yang dapat diandalkan dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan mereka dapat memenuhi pesanan secara tepat waktu dan sesuai dengan pesanan dengan tepat sehingga Anda dapat memenuhi pesanan pelanggan juga secara tepat waktu.

4. Strategi Pemasaran yang Efektif

Pastikan juga Anda dapat memilih strategi pemasaran yang efektif agar bisnis lebih mudah dikenal oleh masyarakat secara luas. Tidak selalu harus menghabiskan banyak biaya, karena jaman sekarang Anda dapat memanfaatkan jaringan internet secara maksimal seperti berikut:
  • Media Sosial
Media promosi gratis adalah dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk mempromosikan barang-barang Anda. Sajikan konten yang menarik, memaksimalkan hashtag yang relevan, dan berinteraksi baik dengan pengikut Anda.
  • Platform E-commerce
Anda juga dapat menawarkan berbagai produk yang Anda jual pada platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada. Hal ini sangat bermanfaat dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan memudahkan pelanggan untuk membeli berbagai macam produk Anda.
  • Pemasaran Offline
Ketika Anda berjualan secara online dan offline, pastikan juga untuk dapat berpartisipasi dalam acara atau pameran yang relevan dengan target pasar Anda. Sajikan tampilan yang paling menarik untuk semua produk yang Anda miliki agar menarik minat konsumen baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Branding yang Kuat

Anda juga harus merancang nama toko yang mudah diingat, mencerminkan produk Anda, dan relevan dengan target pasar Anda. Hal ini termasuk trik branding yang paling jitu sehingga tempat usaha Anda lebih mudah dikenal dan diingat.

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:




Demikianlah beberapa hal menarik untuk mengambil peluang bisnis aksesoris di Bali dengan baik. Pastikan sudah mempelajari semuanya dengan baik agar lebih mudah mendapatkan solusi ketika mengalami kendala yang dapat menghambat usaha Anda.
Related Posts