taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Lewatkan ini Dia Tips belanja oleh oleh saat liburan

Jangan Lewatkan ini Dia Tips belanja oleh oleh saat liburan

Liburan menjadi salah satu kegiatan yang digemari banyak orang, pasalnya setelah penat dalam rutinitas sehari hari, liburan menjadi moment yang tepat untuk merefresh diri. Tak heran, banyak sekali orang yang memilih untuk berlibur meski memiliki waktu liburan yang terbatas.
Tips belanja oleh oleh
Berlibur bisa dilakukan baik di dalam negara maupun dimancanegara. Semua itu bisa dikembalikan kepada Anda dan juga bisa sesuai dengan kesiapan masing-masing. Liburan, entah itu dilakukan di dalam negeri atau diluar negeri oleh-oleh menjadi salah satu hal yang agaknya sudah cukup melekat dan sulit dihilangkan.

Ketika kita melakukan liburan, pasti ada saja orang terdekat yang request untuk dibawakan atau dibelikan oleh-oleh. Maka tentu saja, Anda bisa menjadikan kesempatan ini untuk membelikan oleh oleh kepada orang terdekat.

Pada saat berbelanja oleh oleh, tentu Anda harus tetap memperhatikan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai kalap atau mengeluarkan uang dengan jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, mengikuti tips belanja oleh oleh di bawah ini bisa menjadi pedoman yang tepat.
Namun, sebelum masuk kedalam informasi utama terkait tips tersebut, coba simak sejumlah pilihan barang yang umumnya dijadiakn oleh oleh ketika liburan.

Pilihan Barang Untuk Dijadikan Oleh Oleh

1.Makanan

Makanan menjadi salah satu pilihan oleh oleh yang cukup lumrah untuk dipilih banyak orang ketika berlibur. Biasanya makanan yang dipilih pun tentu saja yang memiliki ketahanan yang kuat dan cukup lama, hingga ketika dibawa pulang kondisi makanan masih dalam keadaan utuh. Tentu saja setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri, maka memilihnya tak salah juga bukan?

2.Aksesoris

Tidak hanya makanan, aksesoris menjadi salah satu barang yang umumnya dijadikan pilihan banyak orang untuk dijadikan oleh oleh. Aksesoris memang cukup banyak, tetapi Anda bisa memilih aksesoris seperti gelang, atau bahkan gantungan kunci yang bisa dibeli di tempat Anda berlibur dan memiliki kekhasan dari tempat Anda liburan.

3.Pakaian

Meski dua pilihan barang di atas tadi cukup ciamik untuk dijadikan pilihan, tetapi pakaian juga tak kalah apik untuk dijadikan oleh oleh. Setiap daerah atau tempat wisata biasanya akan memiliki atau mengeluarkan pakaian dengan ciri khasnya tersendiri. Maka membeli pakaian yang mengandung kekhasan tersebut bisa menjadi pilihan bukan?

Biasanya ketiga pilihan jenis oleh oleh di atas cukup banyak dibeli oleh para wisatawan ketika melakukan liburan. Meski masih terdapat pilihan lain yang juga bsia Anda jadikan oleh oleh tentunya. Setelah mengetahui informasi satu ini, maka simak lah tips membeli oleh oleh di bawah ini.

Tips Membeli Oleh Oleh

1. Buat Daftar Penerima Oleh Oleh

Tips membeli oleh oleh yang pertama adalah membuat daftar penerima oleh olehnya. Poin yang satu ini nantinya akan lebih memudahkan Anda ketika berbelanja. Tak hanya itu, dengan membuat daftar penerima Anda bisa menyesuaikan jenis barang apa yang akan diberikan kepada orang tersebut.

2. Sesuaikan Dana

Setelah membuat daftar penerima oleh oleh, Anda kemudian bisa menyesuaikan dana yang dimiliki. Jangan sampai Anda terlalu mementingkan pengeluaran untuk oleh oleh tetapi melupakan keadaan dana yang dimiliki. Oleh karena itulah perhitungkanlah dana sebaik mungkin agar Anda tidak keteteran dalam keuangan.

Tentu Anda tidak ingin keuangan yang telah dirancang tetapi keluar dari perencaan hingga membuat kepulangan liburan menjadi membuat Anda lebih pusing untuk mengembalikan keadaan ekonomi sebelumnya. Maka jangan sampai Anda salah salah dalam melakukan perhitungan tersebut.

3. Pilih Oleh Oleh Khas

Ketika berlibur, pasti Anda akan dihadapkan pada kekhasan daerah tempat berlibur tersebut. Hal ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan ketika hendak membeli oleh oleh untuk orang terdekat.

Seperti yang Anda ketahui, setiap tempat wisata pasti memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Maka cukup tepat untuk membeli produk khas yang dijual di tempat Anda berlibur tersebut. Orang yang Anda berikan juga pasti akan terus mengingat produk atau barang oleh oleh dari Anda, karena memiliki kekhasan tersendiri.

4. Pilih Waktu Untuk Berbelanja

Momen liburan tentu akan menjadi kesempatan yang cukup ditunggu tunggu bukan? Tidak hanya bisa membuat diri lebih rileks, tetapi pikiran juga akan lebih terasa tenang. Oleh karena itu, jangan sampai kegiatan berburu oleh oleh menganggu kegiatan liburan Anda yang utama tentunya.

Maka sangat kami sarankan Anda untuk memilih waktu berburu oleh oleh dengan tepat dan bijak, hingga tidak akan menganggu kegiatan utama Anda ketika liburan. Biasanya, banyak orang akan memilih waktu sehari atau bahkan dua hari sebelum pulang untuk dijadikan waktu yang tepat berburu oleh oleh.

Karena di rentan waktu tersebut, tentu kita telah merasa cukup puas dengan kegiatan liburan tersebut. Maka berbelanja oleh oleh akan menjadi kegiatan yang tak akan terasa berat tentunya. Namun, Anda juga harus tetap melakukannya dengan enjoy.

5. Siapkan Uang Tunai

Tips belanja oleh oleh lainnya yang perlu diperhatikan adalah uang tunainya. Sebelum berburu oleh oleh, kami sarankan Anda untuk menggunakan uang tunai sebagai pilihan berbelanjanya. Karena biasanya tidak semua tempat penjual oleh oleh menyediakan pembayaran selain non tunai.

Untuk itulah, poin ini hadir agar lebih bisa memudahkan kegiatan berburu oleh oleh yang dilakukan. Namun, tidak hanya itu, dengan menggunakan uang tunai proses berbelanja oleh oleh jug akan terasa lebih nyaman. Karena Anda tidak perlu menggunakan kartu dan direbatkan untuk melakukan proses pembayaran yang menggunakan alat serupa.

6. Pilih Oleh Oleh Yang Aman Dibawa Diperjalanan

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, memilih oleh oleh yang memiliki ketahanan cukup untuk dibawa pulang menjadi tips lainnya yang perlu diperhatikan. Jangan salah, biasanya ada saja produk atau barang yang tidak cukup kuat ketika dibawa diperjalanan. Maka Anda bisa memilih dengan ketahanan cukup kuat.

7. Perhatikan Kualitasnya

Meski Anda berbelanja oleh oleh, kualitas dari barang tersebut tetap harus menjadi prioritas bagi Anda. Jangan sampai Anda hanya memperhatikan budget tetapi kualitas menjadi dikesampingkan. Logikanya untuk apa mendapatkan produk murah tetapi kualitasnya dibawah. Lebih baik mengeluarkan sedikit dana lebih besar tetapi kualitas mumpuni bukan? 

8. Pilih Tempat Penjualan Oleh Oleh yang Ramai

Mengapa harus memilih tempat oleh oleh yang ramai? Karena biasanya tempat tersebut sudah terjamin kualitasnya. Tentu semakin ramai tempat maka tentu bisa dinilai banyak juga orang yang merasa puas dan nyaman belanja di tempat tersebut.

9. Coba Lakukan Tawar Menawar

Tawar menawar menjadi salah satu tips membeli oleh oleh terakhir yang bisa Anda ikuti. Tips yang satu ini tentunya bisa lebih membantu Anda untuk menghemat pengeluaran untuk pembelian oleh oleh tersebut. Lakukanlah tawar menawar sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan harga terbaik dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Simak infotrmasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah informasi yang bisa kami berikan, perihal tips membeli oleh oleh lengkap dengan jenis barang untuk dijadikan pilihan. 
Related Posts